My IKYEP 2018 Part I : 'Annyeong Korea!!'



Korea Selatan, nama sebuah negara yang sangat sering aku dengar terutama dari teman-teman yang menggilai boy band dan girl band Korea.

18 Oktober 2018

“Everyone welcome to South Korea!!!”

Aku sampai tidak percaya kalau raga ku sudah tiba di negara gingseng ini. Udara dingin menusuk kulit, beruntung kami berangkat dari Indonesia mengenakan seragam berupa  boomber jacket, karena suhu saat itu mencapai 50C. Tiba di Bandara Internasional Incheon, kami disambut oleh Grace dan  Jieun, yang nantinya akan menemani kami menjalani kegiatan selama di program. Dengan menggunakan bus, kami menuju Korea Youth Work Agency (KYWA). Setibanya di KYWA kami berganti pakaian menggunakan A1 dan diadakan welcoming ceremony untuk menyambut para delegasi dari Indonesia. 


Kegiatan ini dibuka oleh perwakilan KYWA, dilanjutkan dengan sambutan dari salah satu staf KYWA. Di dalam sambutan, disampaikan tentang hubungan bilateral ROK-RI, susunan organisasi KYWA, serta pengembangan program youth di Korea. Seusai sambutan dari pihak KYWA, dilanjutkan sambutan dari Head of Indonesia Delegation. Dalam sambutan, beliau menyampaikan tentang keberlangsungan program Indonesia-Korea Youth Exchange Program serta manfaat yang bisa diambil melalui program ini. Adapun tujuan utama dari IKYEP adalah untuk memperkuat hubungan bilateral yang terjalin antara Indonesia dengan Korea. Selain itu, IKYEP juga diharapkan dapat mendukung pengembangan pemuda di Indonesia melalui pengalaman yang diperoleh saat fase Korea. Setelah dari KYWA, kami bertolak menuju ke kedutaan Indonesia di Korea yang letaknya tidak terlalu jauh dari KYWA. Ketika kami ingin naik bus, kami hanya punya waktu maksimal 20 detik untuk segera duduk rapi dalam bus, karena bus di korea tidak boleh berhenti lebih dari 20 detik untuk menurunkan dan menaikkan penumpang. “Yorobbun!! Pali pali!” yang artinya “semuanya!! Cepat!! Cepat” kata-kata itu terus dikeluarkan oleh Grace dan Jieun ketika kami turun bus, menyeberang jalan, naik bus, dan dimana saja. Seperti kebanyakan negara maju lainnya, waktu merupakan hal yang paling berharga disini.

Agenda berikutnya adalah courtesy call ke kedutaan besar Indonesia di Korea, kami disambut oleh Bapak Purna Widodo selaku Sekertaris Urusan Sosial Budaya KBRI Korea, pada courtesy call kali ini Bapak Widodo menjelaskan tentang pentingnya hubungan kerja sama antara Indonesia dan Korea Selatan. Beliau menyatakan bahwa Indonesia dalam menjalankan hubungan kerjasama dengan Korea Selatan tetap tidak boleh terlalu merendahkan diri karena bagaimanapun juga Korea Selatan membutuhkan Indonesiadalam menjalin kerjasama contohnya di bidang ekonomi, Korea Selatan dapat memperluas pasar produk-produk Korea di Indonesia dikarenakan jumlah penduduk Indonesia yang banyak. Beliau juga menjelaskan bahwa kesempatan pertukaran pemuda antar negara Indonesia-Korea ini diharapkan mampu memperluas pengetahuan megenai hubungan kedua negara yang mungkin tidak didapatkan di bangku kuliah, sehingga dipesankan agar selalu belajar dan memperluas cakrawala sedari muda dengan mengikuti berbagai kegiatan kepemudaan sehingga nantinya dapat membangun Indonesia yang maju dan mampu bersaing dengan negara asing.


 Courtessy call selanjutnya adalah ke Ministry of Gender Equality and Family (MOGEF). Courtesy call ke MOGEF diisi dengan pengenalan mengenai beberapa kegiatan, diantaranya adalah program pertukaran pemuda antar negara, konseling selama 24 jam dengan tujuan untuk menurunkan jumlah kasus depresi, program perlindungan terhadap wanita, dan berbagai kegiatan dalam meningkatkan kualitas lingkungan. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab yang ditutup dengan harapan agar program Pertukaran Pemuda Indonesia Korea tetap terus berlanjut dan diharapkan ditahun yang akan datang Korea Selatan tetap mengirimkan perwakilan negara Korea dalam fase Indonesia.

Pukul 19.00 kami menuju hotel untuk beristirahat, sebelumnya makan ramyun super pedas khas korea dengan porsi besar. Untuk penyediaan makanan, rata-rata orang Korea makan dengan porsi besar dan mereka tampak sangat menikmati makanan yang sedang dimakan dan dilahap sampai benar-benar habis they really appreciate their food! After that we go back to hotel to take a rest then J


Bersambung...!!

Putri Santri
Alumni IKYEP 2018

No comments:

Post a Comment

Pages