Sector Projects : Fase Indonesia ICYEP 2014-2015

Pulau Kelapa, Kep.Seribu, Jakarta, Indonesia

Ready to Rock Pulau Kelapa!
                Pulau Kelapa adalah sebuah pulau di kawasan Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta yang memiliki jumlah penduduk kurang lebih 5000 jiwa. Dengan jumlah penduduk sebesar itu dan luas wilayah yang tidak terlalu besar, wajar rasanya jika kami menilai pulau ini sangat ramai.

                Kami sangat menikmati waktu dan kegiatan yang kami jalani di tempat ini. Jarak antar rumah tempat masing-masing pasangan counterpart yang tidak berjauhan membuat kami semakin sering bertemu satu sama lain.

                Kegiatan yang kami lakukan hampir sama dengan yang kami lakuka di Kanada kecuali untuk kegiatan sector projects yang memang khusus di lakukan di Indonesia. Workplacements, EAD, Mid-Project, Sector Projects dan kegiatan-kegiatan lain yang kami lakukan di luar kegiatan-kegiatan formal tersebut.


                  Selama kurang lebih 2 bulan dan 1 minggu tinggal di Pulau Kelapa, saya bersama salah seorang peserta Kanada bekerja di SD Negeri 01 Pagi Pulau Kelapa. Lagi-lagi, saya melakukan hal baru. Ya, sebelumnya saya belum pernah mengajar di sekolah. Peserta lainnya bekerja di tempat-tempat kerja lainnya, seperti SD, MI, Taman Nasional, PUSKESMAS, sector projects management dan Eco Tourism Projects.

                Sector Projects merupakan kegiatan community development yang diharapkan bisa menjadi program yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat. Ada 4 sector projects yang kami lakukan di sana, yaitu pembuatan papan-papan himbauan atau sign boards, penanaman mangroves, workshops dan eco-tourism project. Kami juga bekerja sama dengan pemuda lokal yang tergabung dalam Karang Taruna.

                Papan himbauan atau sign boards yang kami buat berjumlah 25 buah. Hal-hal yang kami tuliskan di atasnya yaitu himbauan untuk menjaga kebersihan dengan bahasa yang komunikatif dan mudah dimengerti. Papan-papan tersebut kami warnai dan kami beri logo kura-kura daur ulang, karya salah seorang anggota kelompok kami. Kemudian kami menempatkan sign boards tersebut di beberapa titik strategis yang mudah dan sering terlihat baik oleh warga maupun wisatawan.

                Agenda selanjutnya adalah penanaman mangrove yang dilakukan secara bertahap. Total batang mangrove yang kami tanamkan di sekitar pesisir pulau kelapa mencapai 4000 batang mangrove. Melalui kegiatan ini kami juga bisa berbagi informasi kepada masyarakat sekitar yang turut membantu tentang pentingnya mangrove bagi kehidupan masyarakat pulau. Melalui kegiatan ini juga kami mendapatkan ilmu mengenai cara menanam mangrove yang benar.

                Workshop mengenai lingkungan juga kami laksanakan di Pulau Kelapa. Workshop ini kami tujukan kepada para siswa sekolah dasar. Hal ini kami lakukan karena kami percaya bahwa anak-anak memiliki andil besar dalam menjaga lingkungan di masa depan. Jika sejak kecil mereka telah dibekali nilai-nilai kecintaan terhadap lingkungan, lebih besar kemungkinan bagi mereka untuk tetap menjaga lingkungan ketika mereka besar. Mereka juga didapuk menjadi agen perubahan dalam keluarga mereka untuk tetap menjaga kebersihan.

                Hal terakhir yang masuk dalam daftar sector projects kami adalah eco-tourism project. Kegiatan ini dipimpin oleh dua orang anggota kelompok kami. Melalui program ini, terciptalah sebuah blog eco-tourism Pulau Kelapa yang hingga kini masih berjalan dan pengerjaannya dilanjutkan oleh pemuda lokal. Blog informatif ini merupakan produk nyata untuk mempromosikan Pulau Kelapa sebagai destinasi wisata yang bisa dikunjungi.

                Itulah beberapa hal yang kami lakukan di Pulau Kelapa. Tentunya, masih banyak kegiatan yang kami lakukan di sana. Nantikan kisah berikutnya... ^.^


Lyanda Famela
ICYEP 2014

2 comments:

  1. Bayu, Andri, dan yg lainnya... ini ceritaku, manaaa ceritamu ? :D #ehh (aku = baca -> Lyanda, lol )

    ReplyDelete
  2. Lyanda, thank you.... ceritanya sangat menginspirasi. ^^

    ReplyDelete

Pages