Inspirasi : Fase Kanada ICYEP 2014-2015

Nanaimo, BC, Canada

The Participants of ICYEP 2014
“ Jujur, saya tidak akan menjadi seperti sekarang jika dulu saya tidak mengikuti Indonesia-Canada Youth Exchange Program,” ujar seorang alumni ICYEP yang saat ini telah menjadi seorang motivator terkenal. Kalimat itu seakan-akan menjadi kalimat wajib yang diucapkan para alumni program yang mengisi materi maupun yang hadir dalam Pre-Departure Training Indonesia-Canada Youth Exchange Program 2014-2015. Bukan karena mereka sepakat untuk mengatakan hal yang sama, tapi karena mereka benar-benar mengalami hal tersebut.

Bagi saya, mereka mengagumkan dan menginspirasi dengan cara dan cerita sukses mereka masing-masing. Namun, tanda tanya besar masih bersarang di kepala saya pada saat itu. Mengapa program ini bisa sangat mengubah hidup mereka? Apa yang mereka dapatkan dari program ini? Pertanyaan-pertanyaan lainnya pun mengiringi rasa penasaran saya akan pernyataan mereka.

Hari berlalu, masa training pun usai, tiba saatnya kami berangkat menuju Kanada. Serangkaian kegiatan kami lalui sebagai bentuk orientasi di Kanada, hingga akhirnya kami menjalankan kehidupan program yang sesungguhnya. Saya, bersama dengan 8 pemuda Indonesia yang tergabung dalam grup nanaimo-Pulau Kelapa bertemu dengan 9 orang pemuda Kanad untuk menjadi satu grup selama 6 bulan ke depan.

Di kota Nanaimo, bersama seorang counterpart, seorang ibu angkat, seorang adik angkat, dan beberapa hewan peliharaan, di sanalah saya tinggal selama kurang lebih 3 bulan. Pengalaman menjadi bagian dari satu keluarga Kanada benar-benar tak terlupakan. Saya menghabiskan hampir setiap malam untuk berbincang-bincang dengan counterpart dan ibu angkat saya atau untuk sekedar bermain game dengan adik angkat saya.

Di setiap perbincangan, baik dengan keluarga maupun dengan anggota grup lainnya, saya terinspirasi. Beberapa hal yang mengisnpirasi saya seperti kemandirian kebanyakan orang Kanada yang dipupuk sejak kecil dan diimplementasikan ketika mereka remaja. Cara pikir, prioritas serta gaya hidup sehat yang dijalani keluarga angkat saya sangat mempengaruhi kesehatan saya. Merekapun tak jarang bertanya tentang berbagai hal yang saya jalani di Indonesia.

Lain di keluarga angkat, lain lagi di tempat kerja. Memiliki pekerjaan yang dilakukan secara sukarela memang benar-benar pengalaman baru  bagi saya. Saya bekerja di sebuah tempat yang menyediakan makanan gratis bagi orang-orang yang membutuhkan. Hal ini merupakan hal luar biasa yang tidak pernah saya bayangkan. Pekerjaan ini menuntun saya menuju bagian dari Kanada yang berbeda. Di tengah kehidupan mewah serta modern, terselip kehidupan berat yang dialami beberapa orang di Nanaimo, kota dengan tingkat kemiskinan tinggi di Kanada.

Goodbye Nanaimo!
Pekerjaan lain yang saya jalani di Kanada adalah menjadi crew assistant dan archivist untuk sebuah event organiser khusus yang berkaitan dengan pertunjukan tari. Lagi-lagi saya terinspirasi. Supervisor yang tak lagi muda dan tetap menekuni dunia tari yang begitu dicintainya memang benar-benar menunjukkan bahwa passion adalah hal yang bisa membuat hidup kita lebih berarti.

Ada jutaan inspirasi yang saya dapatkan di kota kecil ini. Ada banyak hal yang mendorong saya untuk berubah. Ada banyak hal yang membentuk saya menjadi orang dengan cara pikir berbeda. Semua kegiatan yang kami lakukan di sana sangat bermakna dan tak ternilai harganya. Setelah menjalankan 3 bulan program di Kanada, saatnya kami  pindah dan menuju destinasi berikutnya.



Lyanda Famela
ICYEP 2014

No comments:

Post a Comment

Pages