ASEAN – Student Visit India (ASVI)

ASEAN Student Visit India participants
ASEAN Student Visit India (ASVI)  adalah salah satu Program pertukaran pemuda antar Negara oleh Kemenpora Republik Indonesia dan kamar dagang India yaitu Confederation of Indian Industry (CII). India adalah sebagai tuan rumah dalam program ini. ASVI bertujuan untuk meningkatkan
pengetahuan Mahasiswa ASEAN tentang ekonomi India dari pandangan titik makro dan mikro ekonomi. Tidak hanya untuk meningkatkan pengetahuan, tetapi program ini juga bertujuan untuk memperkuat hubungan diplomatik antara Negara-negara ASEAN dan India.

Program ASEAN India ini pertama kali berlangsung pada tahun 2010 dengan jumlah peserta 10 peserta dan ditahun 2011 juga memiliki peserta berjumlah 10 orang dan mulai pada tahun 2012 program ASEAN – India memiliki peserta setiap negara berjumlah 25 orang per negera ASEAN. ASVI basanya berlangsung pada bulan Agutus – November. Dalam program ini peserta ASEAN dibagi menjadi 3 Grup setiap tahunnya dan mengunjungi daerah yang berbeda setiap tahunnya. Pada tahun 2014 Indonesia adalah grup pertama dalam program ini bersama peserta dari delegasi negara Malaysia, Cambodia, dan Lao PDR dengan tujuan destinasi program ke Bangaluru (Bangalore), Ahmedabad, dan New Delhi.

ASVI adalah program yang sebagian besarnya berisikan tentang kewirausahaan. Sebagian besar agenda program adalah kunjungan ke perusahaan/pabrik, kunjungan institusi kenegaran dan forum diskusi. Pada tahun 2014 peserta memiliki kesempatan untuk mengunjungi beberapa perusahaan besar seperti Toyota, INFOSYS, kelompok Harsha dan lainya. Peserta juga memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan CEO muda CII dan beberapa dari pemangku kepentingan perusahaan besar seperti BOSCH dan ada juga beberapa agenda field trip seperti kunjungan kampus seperti India Manajemen Institut Bangalore dan Ahmadebad, mengunjungi rumah sakit di New Delhi, dan beberapa situs bersejarah seperti Kuil Krisna, mahatma Gandhi Museum, Pasar Tradisional  New Delhi dan Great Taj Mahal.


Fahrul Rozi
ASVI 2014

No comments:

Post a Comment

Pages