ASEAN Student Visit India adalah BONUS dari Allah

ASVI participants
Mengunjungi India tak pernah terbayangkan sebelumnya oleh saya, namun India adalah rezeki yang aku sebut bonus dari Allah SWT. Ya bonus bonus lebih dari sebuah proses kehidupan yang saya
jalani selama ini termasuk menjalani proses seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara yang dinaungi oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI). Mengunjungi India mewakili Indonesia dalam program ASEAN Student Visit India (ASVI) bersama sodara baru dengan latar belakang pendidikan, sosial, dan budaya.

Peserta ASEAN Student Visit India (ASVI) 2014 berbeda dari tahun – tahun sebelumnya yang diambil dari separuh perwakilan hasil seleksi PPAN perprovinsi dengan status cadangan utama dan separuh dari cadangan dari seleksi PPAN pusat oleh Kemenopra Langsung sedangkan tahun tahun sebelumnya peserta program ASEAN Student Visit India (ASVI) diambil dari seleksi yang diadakan oleh pusat / Kemenpora secara langsung dan melalui universitas ternama yang ada di Indonesia.

Bersama orang – orang baru berasal dari Indonesia, Malaysia, Cambodia, Lao PDR, dan India saya belajar banyak dalam proses kehidupan ini. Menjalani kehidupan di India bersama orang baru, mengenal India dari sisi lain. Dimana sisi tersebut hanya bisa saya dan sodara lainnya dapatkan secara langsung di India. Sepuluh hari di India merupakan bonus yang takterduga oleh saya. Bonus diamana saya adalah orang yang biasa – biasa saja yang mendapatkan sebuah rezeki sekaligus amanah untuk sebuah misi / program kepemudaan oleh Indonesia. yaa bonus, kenapa saya katakan bonus karena tak ada yang spesial yang ada pada dalam diri saya. Bahasa Inggris kurang, penegtahuan harus banyak belajar lagi, dan bakatpun hanya ala kadarnya. Berbeda dengan kandidat lainnya yang memang benar – benar layak dan pantas akan apa yang mereka dapatkan sesuai dengan apa yang mereka miliki baik dalam bidang bahasa Asing dan pengethuan lainnya. Hanya sebuh keinginan melukis sebuah senyuman pada raut wajah keluarga terutama orang tua dengan keluar negeri tanpa membebani orang tua.

Hanya keinginan dan melawan rasa takutlah yang membawa saya untuk tetap mencoba mengikuti seleksi PPAN, karena pada prinsipnya kita tidak pernah tahu kapan rezeki itu datang, dan kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi selagi kita tidak pernah mencoba menjemput rezeki tersbut. Rezeki itu datang dengan cara dijemput. Kembali ke apa yang saya dapatkan setelah memperoleh bonus dari Allah SWT yaitu bonus ASEAN Student Visit India. Bonus ini baik besar atau kecil bonus ini telah memerikan sebuat perubahan yang sanggat berarti oleh saya dan orang sekitar saya. Dengan mendapatkan bonus program ini telah membuka kembali isi kepala saya dan memberi suntikan sebuah energi positif yang memacu untuk hidup lebih baik lagi.


Fahrul Rozi
ASVI 2014

2 comments:

  1. bang fahrul, boleh minta contact personnya ? bm juga boleh. mau tanya2 seputar ASVI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo ardyan bisa hub ke 085758015133
      Maaf baru liat blog

      Delete

Pages