One Trip Changes Everything


“Bersyukur” merupakan kata yang dapat mewakili perasaan saya ketika terpilih menjadi delegasi Provinsi bengkulu dan delegasi Indonesia dalam Program Pertukaran Pemuda Antar Negara 2018.


Salam, saya Zaen. Alumni program ASEAN-India Students Exchange Programme (AISEP) tahun 2018. Ketika saya membuat tulisan ini, saya bisa pastikan bahwa saya bukanlah seorang Zaen yang dulu, yang memiliki sudut pandang tentang kecilnya dunia ini. Tetapi seorang Zaen yang tahu bahwa dunia ini sangat luas dan berwarna-warni. 

Terpilihnya saya menjadi perwakilan Indonesia bersama 25 delegasi dari 23 Provinsi di Indonesia untuk berangkat menjunjung Merah Putih di Negara orang, menjadikan kebanggaan tersendiri dalam diri saya yang tidak akan pernah terlupakan. Kami membawa kehormatan Negara ini di hadapan 250 delegasi dari sembilan Negara ASEAN (Brunei Darussalam, Cambodia, Lao PDR, Malaysia, Myanmar, Philippines, Singapore, Thailand dan Vietnam) serta ribuan bahkan jutaan masyarakat yang ada di India. Merah Putih di dada kami tak tergoyahkan meskipun kami kalah jumlah. Namun, program ini bukanlah ajang untuk berkompetisi, melainkan wadah untuk saling bertukar informasi dan berbagi hal penting yang belum diketahui.

23 April 2018, saya berangkat menuju Jakarta didampingi oleh kakak Program Andri Dwitiva (ASVI/AISEP 2015) dan satu perwakilan dari Dispora Bengkulu untuk melaksanakan Pre Depature Training atau PDT di Pusat. PDT ini merupakan program yang diselenggarakan oleh Kemenpora dan Alumni AISEP untuk mempersiapkan 25 delegasi terbaik yang akan dikirim ke India. Persiapan ini dijadwalkan satu minggu sebelum keberangkatan ke India. Namun, dalam proses PDT ini kami mengalami beberapa kendala yang membuat proses persiapan hanya berlangsung kurang lebih 5 hari. Meskipun hanya 5 hari persiapan, tidak mematahkan semangat kami untuk tetap memberikan yang terbaik untuk Negara ini. Di dalam proses PDT, kami di berikan pelatihan terkait program. Mulai dari, perlengkapan, pembagian PIC, Jobdesk,. pembagian couple program, pengenalan secara umum tentang kota-kota yang akan kami kunjungi, persiapan Cultural Performance, hingga pelepasan yang dilakukan di malam terakhir PDT pada tanggal 30 April 2018.

Selama proses PDT, saya bertemu dengan orang-orang terbaik dari provinsi mereka masing-masing untuk mewakili Indonesia. Berbagi dan berkolaborasi dengan mereka, membuka pandangan saya tentang Indonesia. Saya sadar bahwa Indonesia merupakan negara yang luas. Ternyata masih banyak hal yang masih belum saya ketahui tentang Indonesia. Di dalam proses PDT ini, kami berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman dari daerah kami masing-masing untuk menjadi satu kelompok delegasi yang dapat saling bekerjasama dan berkolaborasi. Pertama, kami mengalami kesulitan untuk membangun delegasi menjadi solid. Namun, berkat kerja keras Almuni program dan kedewasaan teman-teman delegasi, akhirnya kami bisa membangun chemistry untuk menjadi satu delegasi yang baik.

Singkat cerita, hari keberangkatan kami tiba. Tanggal 1 Mwei 2019. tepat pukul 07.30 WIB, delegasi Indonesia berangkat menuju India dan mendarat di Kota Mumbai. Perlu diketahui, selama program terdapat 4 Kota yang menjadi tempat kunjungan delegasi Indonesia di India. Kota-kota tersebut yaitu, Mumbai, Pune, Agra dan New Delhi.

Masing-masing kota memberikan kami kesan, pengalaman dan ilmu yang sangat bermanfaat yang telah mengubah pandangan saya terhadap dunia ini. Ilmu pengetahuan yang telah mengubah diri saya menjadi pribadi yang lebih baik yang senantiasa bersyukur atas apa yang telah Allah berikan kepada saya. Bagi saya AISEP merupakan berkah Allah yang sangat besar yang membuat saya dapat mengintsospeksi diri, mengevaluasi diri dan ingin terus memperbaiki diri. Saya sangat bersyukur dengan karunia yang saya dapatkan ini. Dan, jika ingin menguraikannya, 100 halaman pun tidak akan cukup untuk menuliskan 10 hari program di India. Oleh karena itu, saya tidak ingin menjelaskan dan menguraikan detil perjalanan kami di India. Saya berharap, kalianlah yang akan mendapatkan dan merasakan apa yang telah kami rasakan dengan menjadi delegasi ASEAN-India Students Exchange Programme selanjutnya!

Banyak hal yang membuat hidup saya berubah dengan mendapatkan program ini. Salah satu hal yang menjadikan hati saya lebih baik yaitu, “Selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Saya tidak pernah bermimpi secepat ini bisa mendapatkan hidayah untuk menjadi manusia yang senantiasa bersyukur dengan apa yang saya dapatkan. Saya diberi kesempatan untuk menyaksikan luasnya Dunia dan belajar banyak dari belahan dunia lain yang mungkin belum bisa didapatkan orang lain. Dengan ini, saya bertekat untuk memperbaiki diri saya untuk lebih baik lagi dan menjadi seseorang yang senantiasa bersyukur. Sesuai dengan firman Allah “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (kenikmatan) kepadamu. Dan jika kamu mengingkari, Maka sesungguhnya adzab-Ku sangat pedih.” (Q.S Ibrahim 7)

ZAENAL ARIFIN
ASEAN-India Students Exchange Program 2018

No comments:

Post a Comment

Pages