Taj Mahal

Mengunjungi Taj Mahal merupakan salah satu agenda kegiatan pada program ASVI 2015. Tentunya ini merupakan salah satu kegiatan yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh peserta, termasuk saya sendiri. Pagi itu sekitar jam 7, kami sudah siap di lobi hotel untuk menunggu bus yang akan mengantarkan kami menuju lokasi. Setelah menghabiskan waktu sekitar satu jam, kami pun sampai di pintu gerbang besar jalan menuju Taj Mahal. Dari gerbang ini kami diharuskan berjalan sekitar 200 meter untuk mencapai lokasi.
Sesampainya di pintu gerbang pertama, kamipun harus mengantri kembali karena selain para peserta program, banyak juga wisatawan-wisatawan lokal maupun asing yang datang untuk melihat salah satu bangunan yang menjadi bagian dalam 7 besar keajaiban dunia ini. Untuk masuk ke dalam area Taj Mahal, kita harus melewati security check yang cukup ketat. Kita tidak diperbolehkan membawa makanan ataupun kain-kain yang memiliki simbol khusus. Dampak dari security check yang ketat ini sendiri dapat dirasakan dengan terjaganya kebersihan lingkungan area Taj Mahal dari sampah, dan hal inilah yang menambah keindahannya.

 
Bersama seluruh delegasi ASVI 2015


Setelah melewati pemeriksaan keamanan kami pun mulai berjalan menuju area pusat dari bangunan Taj Mahal.  Ini merupakan salah satu momen yang paling berkesan bagi saya, karena saya tidak pernah menyangka dapat memiliki kesempatan untuk mengunjungi  salah satu banguanan terindah di dunia ini, bangunan yang sudah sangat sering saya lihat di buku-buku sekolah maupun atlas, yang mana menceritakan mengenai sejarah dan kecantikan bangunan ini.

Delegasi Indoesia berfoto bersama sebelum memulai tur keliling Taj Mahal

Sebelum kami dibebaskan untuk mengeksporasi bangunan sekitar, kami mengambil beberapa foto seluruh delegasi terlebih dahulu  dan setelah itu, kami kontingen Indonesia berfoto bersama sesama delegasi Indonesia dan juga menyempatkan untuk menyanyikan lagu tanah air yang semakin menambah keharuan kami. Dari pengalaman ini, saya sangat merasakan  bahwa perjalanan dalam program ini bukan hanya untuk membuka pandangan kita terhadap hal-hal  baru yang dapat kita pelajari selama di program, tapi juga pengalaman untuk menumbuhkan rasa cinta yang besar kepada negeri kita Indonesia. Karena selain belajar mengenai negara tujuan program , kita juga belajar mengenai Indonesia dari seluruh keberagaman warna-warni yang dibawa oleh kontingn Indonesia yang berasal dari seluruh nusantara. Perjalanan yang akan membuka pandangan baru yang akan membuat kamu bangga ketika orang-orang memanggilmu INDONESIA.



Andrian Dwi Tiva
ASVI 2015

No comments:

Post a Comment

Pages