Negeri Sahabat

     Well, selamat datang untuk visitor blog yang selalu setia mengikuti perjalanan kisah dari delegasi sebelumnya dalam Program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Provinsi Bengkulu. Kisah-kisah ini merupakan sebuah hal yang dapat menginspirasi siapapun untuk dapat bergabung dan melanjutkan amanah negara nantinya dalam program pertukaran. Ok, saya adalah salah seorang delegasi yang dipercayakan membawa nama baik Provinsi Bengkulu dan kemudian diembankan tugas untuk bersama-sama dengan delegasi provinsi lain untuk membawa nama baik Negara Indonesia di kancah internasional. Siapa sangka? Mungkin tahun ini adalah kesempatan bagi ANDA untuk menoreh cerita baru lagi nantinya.

      Firstly, saya ingin menanyakan secara non verbal, apa interpretasi anda untuk menjadi seorang Duta Bangsa? Pintar, IPK terbaik, atau pandangan stereotype lainnya yang bilang bahwa Anda harus berkacamata, berasal dari kelas unggulan. Mari kita tepis pandangan-pandangan tersebut. Perjalanan baru ini tidak harus disyaratkan oleh semua hal yang baru saja anda baca. Siapapun anda? Status sosial? Bentuk tubuh? Atau Kelas unggul atau tidak? Semuanya punya hak yang sama dengan kami yang sudah pulang dari perjalanan ke Negara orang. Ini bukan masalah pertukaran antar negaranya, tapi anda akan lebih banyak belajar dan mengetahui betapa berharganya Negara Kesatuan Republik Indonesia ini. 

     Ok fine, mari kita menuju ke perjalanan Program Pertukaran Antara Malaysia dan Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Indonesia-Malaysia Youth Exchange Program 2015 (IMYEP-2015). Fase pertama ketika selesai melaksanakan Pre-Departure Training di Jakarta, maka pada tanggal 5 Oktober 2015 kami yang terdiri dari 20 orang yang berasal dari 20 provinsi yang berbeda dari seluruh Indonesia bertolak menuju Kuala Lumpur, Malaysia. Pengalaman yang luar biasa saat kami dilepas oleh seluruh senior yang sudah membimbing kami selama di Jakarta dan berangkat secara mandiri dengan hanya ditemani oleh NL (National Leader) ibu Rahma Novita atau yang lebih sering kami sebut ‘Mba Ranov’ dan ANL (Assistant National Leader) Mas Eko. Perjalanan panjang akhirnya membawa kami tiba di Bandara Internasional kuala lumpur Malaysia pukul 17.00 waktu setempat, kami langsung disambut oleh LO Sharifah Norizah Binti Syed Ahamad Kabeer dan Nik Muhammad zaim ramiz bin yaaziz. Di dampingi Mr. Khairul Adri b. Dato’rosli ( Deputi Director) dan Mr. Khairul anwar B.Mansor (Vice President Malaysia Youth Council)  dari Kementrian Belia dan Sukan Malaysia.


       Kamipun langsung di arahkan menuju ke bus, dan bertemu cik surah tur guide kami selama di Kuala Lumpur. Setelah itu kami menuju ke restoran untuk makan malam yang bertempat di depan KLCC. Setelah acara penyambutan yang membawa kami makan malam bersama dengan pihak Kementerian Belia dan Sukan Malaysia barulah kami menuju ke Hotel dan beristirahat untuk bersiap esok hari dengan perjalanan yang luar biasa. 

Putri N Rahayu
IMYEP 2015

No comments:

Post a Comment

Pages