Aktivitas IChYEP (Part 1)



        Nah, seperti yang sudah saya janjikan, dalam artikel kedua ini saya akan memberikan cerita mengenai kegiatan apa saja yang sudah kami lakukan selama 2 minggu, mulai dari proses Pre-Departure Training, Fase Program Utama, hingga Fase Re-Entry dan Evaluasi. Yuk kita kupas satu-satu!

PDT (Pre-Departure Training)
       Kalau teman-teman sudah baca artikel saya sebelumnya, tentang durasi IChYEP ini, maka teman-teman pasti sudah bisa memperkirakan kalau Fase PDT ini sangat singkat. Berapa ya kira-kira? Ya, fase ini hanya berlangsung selama dua hari, namun dengan jadwal yang sangat padat.
Fase PDT bertujuan untuk memberikan persiapan kepada para delegasi supaya bisa lebih siap dalam melaksanakan program. Mulai dari persiapan tari-tarian sampai pelatihan singkat dari para pemateri mengenai bagaimana menjadi seorang Youth Ambassador yang baik.

Departure and  Program Phase
         Seperti judulnya, pada bagian ini saya akan membagikan bagaimana proses keberangkatan kami dan apa saja hal luar biasa yang telah kami lakukan disana. Semuanya akan saya rangkum dalam dua paragraf.
       Fase keberangkatan dimulai semenjak kami menginjakkan kaki di Bandar Udara Seokarno – Hatta hingga kami sampai di Hotel Rosedale Beijing, check point pertama dan pertanda bahwa IChYEP 2015 akan dimulai keesokan harinya. Satu pengalaman yang ingin saya ceritakan tentang IChYEP dan berbeda dari program lainnya adalah bahwa selama program ini, teman-teman selalu dijamu di restoran bintang 5 dan difasilitasi hotel yang tentunya juga bintang 5. Jadi jangan khawatir, teman-teman tidak perlu masak sendiri, tidak perlu beres-beres kamar, tidak perlu kerja sana-sini, 100% fokus ke program.


Ketika melakukan courtesy call

       Kegiatan utama yang saya dan delegasi lain lakukan adalah kunjungan-kunjungan ke berbagai instansi, museum, universitas, dan beberapa inkubator bisnis. Tentunya tidak lupa ke beberapa tempat wisata terkenal seperti The Great Wall and Forbidden City dan turut menghadiri beberapa seminar penting dari pihak pemerintah Tiongkok. Kunjungan ke instansi, museum, dan universitas adalah hal biasa yang bisa teman-teman bayangkan dengan mudah. Namun bagaimana kalau kunjungan ke inkubator bisnis? Teman-teman tahu tidak apa itu inkubator bisnis? Ya, namanya saja inkubator, berarti merupakan tempat dimana bisnis pertama kali dikembangkan. Konsep inkubator bisnis ini merupakan ide pemerintah Tiongkok yang membuat satu gedung penuh dengan fasilitasnya kemudian disewakan kepada pemuda-pemuda yang memiliki ide kreatif dan berbisnis atau berwirausaha. Dan hebatnya lagi, semuanya gratis sampai tempo waktu 5 tahunan. Wah, wajar saja ya Tiongkok menjadi salah satu negara yang menjadi parameter kegiatan wirausaha dunia.
   



Alfonsus Adrian 
IChYEP 2015

1 comment:

Pages