Whom You Go With

Yurieke together with other participants of IKYEP 2014
            Fase Korea yang berlangsung selama 10 hari saat awal bulan November tahun 2014 memanglah waktu yang cukup singkat. Namun, kami mengartikannya berbeda, singkat namun berkesan. Setiap detik yang kami lalui sangat berharga sampai kami sendiri tidak sadar bahwa jadwal padat yang tertera dalam buku panduan IKYEP (Indonesia-Korea Youth Exchange Program)
tahun 2014 perlahan-lahan telah kami lalui. Tentunya, salah satu aktifitas yang banyak diminati adalah City Exploration, dimana kami, delegasi Indonesia bertemu dengan delegasi Korea, membentuk beberapa tim dan memulai misi utama kami yaitu menjelajah salah satu kawasan yang terkenal di Korea Selatan, yaitu kawasan Hongdae. 

                Musim gugur kala itu menjadi terasa berbeda. Memang tampak jelas terlihat dedaunan disekitar kawasan tersebut berserakan. Dedaunan yang berwarna kekuning-kuningan hingga kecoklat-coklatan menemani kami menelusi kawasan itu. Udara yang dingin mengharuskan kami mengenakan coat tebal, jika tidak, kami harus merelakan sekujur tubuh terdekap semilir angin saat musim gugur, dingin sekali tentunya.

            Menjelajah. Memang misi utama yang harus kami lakukan, namun sepertinya bukan hanya kawasan Hongdae saja yang kami jelajah. Menjelajah sebenarnya bukan hanya tentang perjalanan menuju suatu tempat, namun juga perjalanan mengenal satu sama lain, istilah singkatnya PDKT.

            Perjalanan tersebut adalah moment yang tepat untuk kami saling mengenal. Berjalan kaki, menelusi kota, membeli jajanan pinggir jalan, menyebrang jalan, semuanya bisa saja kami lakukan seorang diri, yang berbeda saat itu adalah “kami bersama-sama melakukannya”.


              Sepertinya tidak banyak yang sadar tentang tujuan tersembunyi dari City Exploration ini. Tujuannya tidak hanya tentang dimana dan kemana kami menjelajah, tapi yang terpenting adalah dengan siapa kami menjelajah.  “ It does not matter where you go, but the most important thing is with whom you go.”

Yurieke Nadya Rahmat
IKYEP 2014

No comments:

Post a Comment

Pages