Roadshow Ketiga : IAIN Bengkulu


(13/3-2015) Bengkulu - Setelah menyempatkan diri hadir di Universitas Bengkulu pada minggu lalu, jumat ini Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) menyempatkan diri hadir untuk sosialisasi ke Institut Agama Islam Negeri Provinsi Bengkulu. Acara dibuka secara langsung oleh kepala bagian dari Hubungan Luar Negeri Institut Agama Islam Negeri provinsi Bengkulu pada pukul 09.00 WIB,

Peserta yang menghadiri sosialisasi pada hari itu cukup membludak. Ada sekitar 120 peserta yang hadir untuk mengetahui program-program yang ditawarkan dalam Pertukaran Pemuda Antar Negara 2015 lebih dalam. Sampai saat ini, kuota per program di setiap provinsi dari Kementerian Pemuda dan Olahraga belum ditentukan. Maka dari itu, peserta diharapkan sabar menunggu kepastian yang pasti akan datang.


Banyak sekali pertanyaan menarik yang muncul pada hari itu. Dikarenakan IAIN merupakan perguruan tinggi islam, maka ada beberapa peserta yang menanyakan bagaimana dengan peserta yang mengenakan jilbab Syar'i? apakah mereka juga memiliki peluang untuk menjadi delegasi provinsi Bengkulu? Tentu saja tampilan dan keyakinan bukanlah sebagai persoalan untuk lolos menjadi delegasi. Namun yang menjadi persoalan khusus adalah bagaimana sudut pandangnya. Apakah mereka bisa mentolerir perbedaan? apakah mereka mau berpikiran terbuka atau tidak? Gaya dan penampilan seseorang tidak menjadi standar penilaian untuk diloloskan menjadi delegasi provinsi Bengkulu.

Selain itu, ada juga peserta yang menanyakan syarat ketentuan registrasi untuk mengikuti seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara 2015. Apakah diperbolehkan menggunakan surat keterangan domisili dari Kantor Catatan Sipil terdekat? Sampai saat ini, PCMI Bengkulu masih hanya menerima KTP sebagai bukti domisili nyata sebagai pertimbangan apakah yang lolos nanti adalah pemuda Bengkulu asli atau tidak. Apabila KTP yang dimiliki berdomisili di tempat lainnya maka peserta tersebut dipersilahkan mengikuti seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara di tempat domisilinya yang tercantum di KTP.


Untuk roadshow selanjutnya, PCMI Bengkulu akan mendatangi Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) di Aula Rektorat pada hari jumat, 20 Maret 2015. Kami tunggu kehadiran teman-teman sekalian di UMB!

Are You Ready To Be The Next Youth Ambassador?

No comments:

Post a Comment

Pages