IMYEP Is My Life


Saya selalu menanti pertanyaan dari orang2 momen yang tak terlupakan
apa yang pernah terjadi di hidupmu?jika ada yang bertanya demikian,dengan cepat dan lantang
saya akan menjawab "moment when i was become part of IMYEPers" mungkin orang2 itu akan bertanya apa itu IMYEP? apa itu IMYEPers?
IMYEP itu sebuah perjalanan hidup yang sangat berharga, disana saya belajar banyak hal tentang hidup, tentang kasih sayang, menghargai perbedaan dan persamaan, tentang indahnya pertemuan dan sesaknya perpisahan, tapi itulah hidup selalu memiliki 2 sisi sudut pandang, baik buruk, suka duka. Disana juga saya dapatkan keluarga baru yang tak ternilai harganya dengan berbagai macam karakteristik, budaya yang berbeda tetapi itu yang membuat saya cinta akan perbedaan bisa membuat saya lebih terbuka dan membuka diri serta belajar bahwa dunia ini indah karena perbedaan yang tercipta. Layaknya pelangi yang indah karena banyak warna yang melengkapinya.  IMYEP adalah singkatan dari Indonesia Malaysia Youth Exchange Program. 33 orang dari provinsi yang berbeda telah mengukir sejarah, bukan untuk media atau orang lain tetapi untuk hati kami. Kenapa bukan saya?karena imyep itu kami bukan saya. Kami memiliki cerita indahnya masing-masing tentang imyep dan jikalau cerita itu dibukukan mungkin akan banyak seri yang tercipta, 19 Agustus-5 September 2013 memang waktu yang singkat tapi kami punya jutaan cerita yang tak akan terlupakan disaat garuda berada di dada kami,kepala kami, pundak kami, di hati kami. Ya cerita tentang ANAK INDONESIA dan GARUDA DI DADA. Banyak tawa yang tercipta tapi banyak pula tangis yang tertumpah bersama keluarga baru di negeri sendiri dan negeri tetangga, Malaysia. Indonesia dan Malaysia sampai kapanpun akan menjadi satu keluarga utuh yang  akan selalu mengisi dan bekerja sama karena persamaan dan perbedaan yang dimiliki keduanya. 18 hari bersama dengan 33 provinsi dan 20 orang dari negeri tetangga, malaysia, benar-benar membuat kami melupakan semua masalah yang ada, yang ada hanya tawa, rangkulan tangan bersama, bahu tempat bersandar,genggaman tangan saling menjaga, momen indah, haru, perhatian, kasih sayang, sikap saling menghargai, sikap saling menerima. 

Imyepers adalah istilah yang kami buat sendiri yang berawal dri kata-kata yang ada di mars kami, mars imyep “all things we do, we make it through. Like IMYEP we are family. You are my world, the future is ours. We meet as a stranger, we leave as a friend and FAMILY”. Mars yang membuat kami selalu menangis dan merinding ketika menyanyikannya pada setiap momen yang tercipta. Karena mars imyep yang kami ciptakan itu adalah refleksi dari setiap rasa yang ada dan momen yang tak terlupakan, semua tertuang di sana. Rasa haru juga selalu tercipta disaat kami semua, INDONESIA menyanyikan lagu kebangsaan yang paling membanggakan, INDONESIA RAYA di negeri tetangga. Tangis dan haru muncul seketika menyanyikan INDONESIA RAYA, karena kami 33 provinsi telah menjadi INDONESIA seutuhnya yang sangat menjiwai makna yang tersirat darinya. Tak ada lagi Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua, yang hanya ada IND”ONE”SIA. “ONE” in the middle of INDONESIA shows that the real meaning of “BHINNEKA TUNGGAL IKA”.  Bukan hanya itu, rasa takjub akan nasionalisme yang tercipta ketika banyak warga malaysia yang sama-sama menyanyikan lagu indonesia raya dengan hikmat. Hal itu yang membuktikan bahwa sampai kapanpun Indonesia dan Malaysia adalah saudara serumpun yang memiliki latar belakang, sejarah, ras dan budaya yang sama yang akan selalu bekerja sama dan berpegangan tangan menuju masa depan.

No comments:

Post a Comment

Pages